Visi Misi

Visi :

Menjadi program studi yang unggul dalam mengembangkan pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan mengintegrasikan keilmuan, keislaman ahlussunnah wal jamaah serta berwawasan IPTEKtingkat Jawa Timur tahun 2022

Misi :

Untuk mencapai visi di atas, langkah-langkah yang akan dicapai adalah:

  1. Meningkatkan kompetensi, kualifikasi, dan profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan pada Prodi PGMI (PGMI);
  2. Menggali, menerapkan, dan menyebarluaskan prinsip-prinsip ajaran Islam Ahlussunnah waljamah melalui proses penyelenggaraan pendidikan dalam bidang keguruan SD/MI;
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan model research based learning, problem based learning dan contextual teaching learning dalam rangka quality assurance dan berkarakter Islam;
  4. Mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran sesuai tuntutan dan perkembangan Pendidikan Dasar di era global;
  5. Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan bidang pendidikan dasar;
  6. Mengembangkan dan meningkatkan jejaring, dan kemitraan dengan berbagai lembaga pemerintah, satuan pendidikan, dan lembaga lainnya, baik secara lokal maupun nasional;
  7. Melaksanakan evaluasi, analisis, dan pemecahan masalah yang berkelanjutan terhadap penyelenggaraan program studi dalam rangka menjawab kebutuhan stakeholders.

TUJUAN PRODI PGMI :

Adapun tujuan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Agama Islam Universitas Islam Lamongan adalah:

  1. Menjadikan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi pedagogik,kepribadian, profesionalitas,dan sosial tinggi pada bidang  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI);
  2. Menghasilkan lulusan sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang keguruan SD/MI yang memegang teguh prinsip ajaran Islam Ahlussunnah waljamah;
  3. Terciptanya pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan tuntutan dan perkembangan Pendidikan Dasar di era global.
  4. Mewujudkan peningkatan kompetensi, kualifikasi, dan profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan pada Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
  5. Menghasilkan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan bidang pendidikandasar;
  6. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat sehingga mampu menjadi problem solving sesuai dengan teori akademik  dengan memperhatikan  kebutuhan masyarakat, tantangan global  dan berbagai persoalan dalam bidang pendidikan dasar.
  7. Terjalinnya jejaring dan kemitraan dengan berbagai lembaga pemerintah, satuan pendidikan, dan lembaga lainnya, baik secara lokal maupun nasional yang saling menguntungkan.
  8. Terselenggaranya Program Studi yang berbasis kebutuhan stakeholder.