Kurikulum PGMI

A. Kegiatan MBKM Prodi PGMI

Terdapat 8 Kegiatan MBKM yang ditawarkan oleh Kemendikbud, Namun Prodi PGMI mengembangkan kurikulum selaras MBKM hanya mengambil 4 Kegiatan MBKM sesuai dengan Kebutuhan. Diantaranya:

  1. Pertukaran Pelajar/Mahasiswa
  2. Asistensi Mengajar
  3. Membangun Desa/Proyek di Desa
  4. Kewirausahaan

B. Peta Kurikulum PGMI UNISLA Selaras MBKM

Implementasi program MBKM perlu dirancang dengan cermat kesesuaian dengan CPL dan mata kuliah pada program studi serta kesepakatan kerjasama yang matang dengan mitra.  Pada kurikulum MBKM Prodi PGMI terdapat 144 SKS yang WAJIB ditempuh oleh Mahasiswa Prodi PGMI selama 8 semester dan didalamnya terdapat 4 kegiatan MBKM yang dapat dikonversikan pada nilai Matakuliah tertentu. Adapun distribusi MK tiap semester sebagai berikut

Implementasi program MBKM yang dilaksanakan pada prodi PGMI bahwa mahasiswa diperbolehkan untuk memilih pembelajaran maksimal 3 semester di luar program studi PGMI dengan ketentuan dan syarat berlaku.  

Adapun syarat umum mahasiswa dapat mengikuti kegiatan MBKM sebagai berikut:

  1. Mahasiswa berasal dari Program Studi yang terakreditasi;
  2. Mahasiswa aktif yang terdaftar pada PD-Dikti.

Adapun syarat Khusus mahasiswa dapat mengikuti kegiatan MBKM sebagai berikut:

  1. Mahasiswa aktif pada program studi PGMI minimal semester 5 
  2. Memiliki IPK sekurang-kurangnya 3.30 untuk kegiatan MBKM Pada PT sendiri dan IPK 3.50 untuk kegiatan MBKM di luar PT
  3. Tidak pernah dikenakan sanksi akademik pada Perguruan Tinggi 
  4. Mendapat persetujuan dari Dosen Pembimbing Akademik (Dosen Wali)

4 KEGIATAN MBKM PRODI PGMI

1.Pertukaran Pelajar/Mahasiswa

Program pertukaran mahasiswa memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat melakukan pengambilan kelas atau semester di perguruan dalam negeri maupun luar negeri, berdasarkan perjanjian kerjasama yang sudah diadakan oleh Pemerintah. Program pertukaran mahasiswa merupakan program yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain dalam rangka untuk meningkatkan softskills dan hardskills. Adapun matakuliah yang dapat dikonversikan pada kegiatan pertukaran mahasiswa sebagai berikut:

NOKODE MATA KULIAHMKSKS
1BD712545Teknologi Pembelajaran2
2CD712602Pembelajaran Multiliterasi2
3BD712368Etnopaedagogi2
 TOTAL  6

2. Asistensi Mengajar

Program asistensi mengajar memberikan keleluasaan kepada mahasiswa yang ingin menjadi guru untuk mengerti bagaiamana perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian hasil belajar, analisis hasil belajar, pelaporan hasil belajar, manajemen pendidikan, dan administrasi pendidikan lainnya. Kegiatan asistensi mengajar pada prodi PGMI dilaksanakan pada semester 6. Adapun matakuliah yang dapat dikonversikan pada kegiatan asistensi mengajar sebagai berikut:

NOKODE MATA KULIAHMKSKS
1BD712424Pembelajaran Fiqih MI 2
2BD712422Pembelajaran Akidah Akhlak MI 2
3BD712427Pembelajaran PJOK SD/MI2
 TOTAL  6

3. Proyek di Desa

Proyek di desa merupakan perkuliahan yang bertujuan untuk membangun capaian pembelajaran matakuliah yaitu mahasiswa memiliki kemampuan menganalisis, mengevaluasi dan menghasilkan produk suatu proyek di desa. Proyek diselesaikan bersama-sama aparatur dan masyarakat desa. 

Proyek di desa menyediakan mahasiswa pengalaman untuk memecahkan masalah dengan menghasilkan suatu produk dari suatu proyek yang dikerjakan untuk memecahkan masalah yang ada di Desa. Adapun matakuliah yang dapat dikonversikan pada kegiatan Proyek di Desa sebagai berikut:

NOKODE MATA KULIAHMKSKS
1BD712341Teknologi Informasi dan Komunikasi2
2BD712334Penelitian Tindakan Kelas2
3BD712544KKN3
 TOTAL  7

4. Kewirausahaan

UNISLA telah menempatkan Kewirausahaan sebagai salah satu fokus dalam proses pembelajaran, sebagai upaya mempersiapkan lulusan untuk tidak berorientasi mencari pekerjaan (job seeker) tetapi menciptakan pekerjaan (job creation). Beberapa kebijakan dan program yang dilakukan antara lain; mata kuliah kewirausahaan (KWU) menjadi mata kuliah wajib di semua program studi terutama di PGMI dilaksanakan pada semester 6. Adapun matakuliah yang dapat dikonversikan pada kegiatan Kewirausahaan sebagai berikut:

NOKODE MATA KULIAHMKSKS
1AD712119Kewirausahaan2
 TOTAL 2