PGMI Unisla Pamer Olahan Kreatif Produk Lamongan di Bazar Kewirausahaan

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Lamongan (Unisla) berupaya untuk merangsang jiwa entrepreneur dan kreativitas para mahasiswa dengan menggelar bazar kewirausahaan.

Bazar yang diikuti oleh puluhan mahasiswa semester 6 PGMI tersebut dilaksanakan dua kali, pertama pada hari Jumat, (10/6/2022) di kampus utama Unisla dan pada hari Senin, (13/6/2022) di kampus Unisla 2 Paciran.

Dr Kiky Chandra, Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan menuturkan, produk yang dipasarkan haruslah hasil kreasi mahasiswa berupa produk lokal Kabupaten Lamongan.

“Jadi tidak hanya sekedar mampu membuat produk, tapi mahasiswa juga dituntut untuk kreatif,” kata Kiky ketika ditemui di sela-sela kegiatan, Senin, (13/6/2022).

Sehingga, lanjut Kiky, beberapa mahasiswa memasarkan produk kreasi bumbu rujak Paciran dan ikan asin khas Paciran.

“Pelaksanaan bazar ini bertujuan untuk mengimplementasikan mata kuliah kewirausahaan dengan menyiapkan produk kreatif makanan lokal, melatih jiwa dan semangat wirausaha dari mahasiswa, serta melatih ilmu berkomunikasi dan personal selling baik secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan internet dan sosial,” ucap Kiky.

Ia menambahkan, melatih jiwa dan semangat wirausaha mahasiswa ini dimulai dari mempersiapkan sebuah usaha sejak proses perencanaan sampai dengan penjualan dan pengatasan masalah.

“Di setiap masing-masing produk kreatif ada sistem awal dengan cara membuat proposal usaha dan perencanaan perhitungan anggaran biaya,* ujar Kiky.

Ia juga berharap, para mahasiswa semakin mencintai produk lokal yang diwujudkan dengan cara berkreasi pada produk-produk tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *